DETAIL DOCUMENT
TINGKAT KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN VAKSIN COVID-19 DI PUSKESMAS TALANG KABUPATEN TEGAL
Total View This Week0
Institusion
Politeknik Harapan Bersama
Author
Alamsyah, Fajrin
Subject
RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine 
Datestamp
2022-12-13 09:19:45 
Abstract :
SARS-CoV-2 merupakan virus yang menghasilkan sekelompok pneumonia atipikal, menyebar dengan cepat ke seluruh dunia dan dikenal di seluruh dunia sebagai penyakit Coronavirus 2019 (COVID-19). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan vaksinasi di Puskesmas Talang Kabupaten Tegal ditinjau dari dimensi tangible (bukti langsung), dimensi responsive (ketanggapan), dimensi empathy (empati), dimensi Reliability (kehandalan), dimensi Assurance (Jaminan). Penelitian ini merupakan penelitian non eksperimental dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat yang akan melakukan Vaksinasi di Puskesmas Talang. Sebanyak 83 responden terpilih secara purposive sampling sesuai kriteria inklusi dan eksklusi dengan rumus slovin. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner untuk kemudian di analisis tingkat kepuasan masyarakat dalam tiga kategori yaitu sangat rendah, rendah, tinggi, sangat tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata dari lima dimensi adalah 3.12 yang termasuk dalam kategori puas dengan tingkat kepuasan yang tinggi. Hal ini terlihat dari nilai rata-rata pada dimensi tangible (3.01), responsiveness (3.12), empathy (3.12), assurance (3.12) dan reliability (3.1) 
Institution Info

Politeknik Harapan Bersama