DETAIL DOCUMENT
GAMBARAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN PADA PELAYANAN KEFARMASIAN DI PUSKESMAS BREBES
Total View This Week0
Institusion
Politeknik Harapan Bersama
Author
Pangesti, Indah Ayu
Subject
RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine 
Datestamp
2022-12-15 09:58:40 
Abstract :
Mutu pelayanan kesehatan merujuk pada tingkat kesempurnaan pelayanan kesehatan. Pasien akan puas apabila kinerja pelayanan kesehatan yang diperolehnya sesuai dengan harapan. Dan sebaliknya, ketidakpuasan atau perasaan kecewa pasien akan muncul apabila kinerja layanan yang diperoleh tidak sesuai dengan harapan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien pada pelayanan kefarmasian di Puskesmas Brebes. Dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif, penelitian ini menggunakan instrumen berupa kuesioner. Sampel yang terlibat adalah pasien yang mendapat pelayanan kefarmasian berusia antara 18-62 tahun sebanyak 100 responden yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan analisis univariat untuk mengukur tingkat kepuasan berdasarkan lima indikator kepuasan. Hasil penelitian menunjukan bahwa karakteristik responden paling banyak berdasarkan jenis kelamin yaitu perempuan sebanyak 65 orang (65%), berdasarkan umur yaitu 18-30 sebanyak 48 orang (48%), berdasarkan pendidikan yaitu lulusan SMA/SMK sebanyak 59 orang (59%) dan umumnya wiraswasta sebanyak 35 orang (35%). Pasien merasa puas terhadap lima dimensi kepuasan yaitu dimensi kehandalan (Reliability) = 3.57%, ketanggapan (responsiveness) = 3.66%, empati (empathy) = 3.65%; jaminan (assurance) = 3.62% dan dimensi bukti (tangible) = 3.58%. 
Institution Info

Politeknik Harapan Bersama