Abstract :
Pelayanan kefarmasian merupakan pelayanan langsung dan bertaggung jawab kepada pasien yang berkaitan dengan sediaan farmasi dengan maksud mencapai derajat kesehatan yang optimal bagi masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui standar pelayanan kefarmasian di apotek rajawali pemalang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian adalah Apotek Rajawali Pemalang. Variabel dalam penelitian ini adalah sumber daya kefarmasian yang meliputi sumber daya manusia dan sarana prasarana. Pengambilan data melalui wawancara dengan apoteker, dan tenaga teknis kefarmasian.
Berdasarkan data diketahui bahwa Apotek tersebut belum sepenuhnya memenuhi standar dari aspek sumber daya manusia yaitu apoteker yang tidak menggunakan atribut praktek, dan baju praktek. Selain itu sarana prasarana dibagian ruang penerimaan resep belum dilengkapi dengan adanya komputer, dan belum tersedia pendingin ruang di ruang penyimpanan obat.