Abstract :
Preferensi adalah proses seseorang dalam memilih informasi atau sesuatu hal yang lebih disukai oleh konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbandingan preferensi konsumen dalam memilih obat tradisional dan obat sintetik di kalangan pasien di Apotek.
Metode penelitian yang digunakan berupa penelitian komparatif dengan melibatkan 96 responden yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling . Data diperoleh melalui pembagian kuesioner kepada konsumen yang membeli obat. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan uji perbandingan Mann Whitney untuk mengetahui perbedaan preferensi konsumen dalam memilih obat tradisional dan sintetik dengan level signifikansi 0.05.
Hasil penelitian diperoleh bahwa berdasarkan preferensi konsumen diketahui perbedaan preferensi menunjukan nilai signifikansi yaitu 0.360 atau 0.360 >0,05. Hal ini menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan preferensi konsumen dalam memilih obat tradisional dan obat sintetik.