Abstract :
Teknologi internet saat ini semakin berkembang, begitu juga arus komunikasi dalam penyampaian informasi. Salah satunya penyampaian informasi dalam pencarian lapangan pekerjaan yang disediakan maupun yang dibutuhkan oleh berbagai pihak antara lain pemerintah maupun swasta. Selama ini di beberapa perusahaan dalam mengiklankan lowongan kerja masih menggunakan kertas/pamflet. Kemudian pelamar atau pencari kerja dalam mencari informasi lowongan pekerjaaan masih secara manual, yaitu dengan cara langsung datang ke beberapa perusahaan untuk melihat papan pengumuman lowongan kerja. Proses requitment/penerimaan calon karyawan masih menggunakan telepon atau email hal itu seringkali membuat beberapa pelamar ada yang tidak mendapatkan kabar dan pelamar kesulitan dalam mengecek status lamarannya. Sehingga proses pencarian lowongan kerja dan requitment/penerimaan calon karyawan sering mengalami kendala untuk dilakukan. Pokok permasalahan lainnya yang dihadapi Perusahaan adalah pendataan pelamar kerja. Kemudian pihak perusahaan seringkali terjadi salah pengiriman berkas pengumuman kepada pelamar yang diterima atau tidak diterima, dikarenakan masih secara manual dengan mengirim file pengumuman ke beberapa email pelamar. Berdasarkan latar belakang yang telah diuraikan tersebut, maka dibutuhkan suatu aplikasi yang dapat memudahkan dalam mencari informasi lowongan pekerjaan dan menangani manajemen proses penemrimaan calon karyawan secara terstruktur, efektif dan efisien, aplikasi tersebut adalah ?Aplikasi Loker Pantura Berbasis Website? yang dibangun dengan sistem Back End dan Front End.