DETAIL DOCUMENT
Impelemtasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Bahasa Indonesia Di Kurikulum Merdeka Pada Kelas 4 Di SDN Candi Gedangsari
Total View This Week0
Institusion
Universitas Ahmad Dahlan
Author
Tegar, Rohis
Subject
LB1501 Primary Education 
Datestamp
2025-01-20 08:31:28 
Abstract :
Penelitian ini dilakukan karena kurikulum merdeka yang sedang berjalan pada saat ini dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning yang sejalan dengan tujuan kurikulum merdeka dengan mengembangkat bakat dan minat belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran problem based leanring dan mendeskripsikan model pembelajaran problem based learning dalam mendukung pembelajaran pada kurikulum merdeka. Jenis penelitian adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek dalam penelitian ini yaitu guru kelas 4 dan peserta didik sebanyak 24 orang. Objek dalam penelitian ini adalah model pembelajaran poblem based learning dalam kurikulum Merdeka di SDN Candi Gedangsari. Teknik pengumpulan data dalam penelitin ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangluasi metode. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi pengumpulan data, penyajian data, rekduksi data, dan kesimpulan. Hasil penelitian mengenai implementasi model pembelajaran problem based learning dalam pembelajaran bahasa Indonesia di kurikulum merdeka pada kelas IV di SDN Candi Gedangsari memiliki tahapan yaitu yang pertama adalah orientasi peserta didik dengan menjelaskan tujuan pembelajaran serta menjelaskan pengetahuan kepada peserta didik untuk memberikan motivasi serta aktif dalam kegiatan belajar dalam memecahkan masalah. Kedua ialah pembentukan kelompok serta menfasilitasi kebutuhan peserta didik untuk membantu proses belajar peserta didik dalam memecahakan masalah secara bersama-sama. Ketiga, guru membimbing peserta didik dengan memberikan materi serta mengarahkan ke hal-hal yang berkaitan dengan masalah sebagai informasi tambahan bagi kelompok aatau individu peserta didik. Keempat, membantu peserta didik dengan memberikan referensi dalam mengembangkan pemecahan masalah serta menyajikan hasil tersebut. Kelima, melakukan analalis serta evaluasi terhadap proses pemikiran dan usaha dari hasil pemecahan peserta didik. 
Institution Info

Universitas Ahmad Dahlan