Abstract :
Saat ini perkembangan teknologi informasi telah menjadikan sosial media menjadi salah satu
sarana yang paling banyak digunakan masyarakat untuk mendapatkan informasi serta
menuangkan opini dan pendapat sebagai salah satu bentuk dari respon atau tanggapan
sekelompok masyarakat mengenai suatu permasalahan. Analisis sentimen telah memberikan
wawasan mengenai perspesi atau opini masyarakat diberbagai macam aspek seperti
transportasi. Pesawat telah menjadi alat transportasi antar pulau dan antar kota yang paling
banyak digunakan masyarakat indonesia sehingga penelitian ini berfokus pada analisis sentimen
terhadap cuitan masyarakat mengenai maskapai lion air di media sosial Twitter dengan tujuan
untuk melihat komentar publik mengenai maskapai penerbangan Lion Air.
Pada penelitian ini digunakan dataset sebanyak 2000 cuitan dengan tahapan preprocessing
seperti case folding, stemming dan stopword removal yang membuat dataset sesuai dengan
standarisasi. Dilakukan analisis sentimen terhadap cuitan yang berkaitan dengan maskapai Lion
Air dengan tujuan untuk mengetahui opini dari masyarakat mengenai maskapai penerbangan
Lion Air dengan menggunakan metode klasifikasi Support Vector Machine dan Naïve Bayes.
Pengujian ini dilakukan untuk menemukan hasil dari setiap metode yang kemudian dilakukan
perbandingan dari kedua hasil metode Support Vector Machine dan Naïve Bayes
Dataset dibagi menjadi dua sesuai dengan kebutuhan penelitian dimana terdapat data uji
dan data latih masing masing sebanyak 20% dan 80%, sehingga penelitian ini akan menghasilkan
perbandingan hasil akurasi dengan metode Support Vector Machine sebesar 80% dan metode
Naïve Bayes sebesar 74% dengan menggunakan teknik SMOTE. Hasil tersebut membuktikan
bahwa metode Support Vector Machine lebih unggul dalam menangani persoalan mengenai
maskapai Lion Air.
Keywords: Lion Air, N