DETAIL DOCUMENT
Analisis Kompetensi Pedagogik Guru di SD Muhammadiyah Pakem
Total View This Week0
Institusion
Universitas Ahmad Dahlan
Author
Putri, Diva Pradana
Subject
LB1501 Primary Education 
Datestamp
2025-02-03 02:50:52 
Abstract :
Guru bertanggung jawab penuh membantu peserta didik untuk mencapai tujuan pendidikan melalui pembelajaran yang baik dan optimal. Untuk itu penting bagi guru memiliki kompetensi pedagogik. Namun nyatanya kompetensi pedagogik masih rendah dibandingkan kompetensi profesional. Dimana rendahnya kompetensi pedagogik guru mempengaruhi kemampuan guru mengelola pembelajaran dan kinerja guru. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kompetensi pedagogik guru di SD Muhammadiyah Pakem. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian terdiri dari guru kelas di SD Muhammadiyah Pakem. Objek penelitian yakni terkait kompetensi pedagogik guru di SD Muhammadiyah Pakem. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Adapun teknis analisis data teridiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menujukkan bahwa kompetensi pedagogik guru di SD Muhammadiyah Pakem dikuasai dengan baik. Guru telah menguasai dan memanfaatkan informasi karakteritik peserta didik untuk menentukan media pembelajaran dan untuk mencari solusi mengatasi kesulitan belajar peserta didik. Guru telah menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran dengan menerapkan pendekatan, strategi, metode, dan teknik dalam pembelajaran secara kreatif dan bervariatif. Guru telah mengembangkan kurikulum dengan menyusun silabus dan RPP sesuai dengan pedoman penyusunan kurikulum yang digunakan. Guru telah menyelenggarakan kegiatan belajar yang mendidik secara kreatif dengan menyajikan media pembelajaran yang bervariasi, memafaatkan sarana prasarana sekolah, dan mengelola kelas tanpa efek mendominasi. Guru telah memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik dengan mengarahan dan motivasi peserta didik untuk menggali potensinya melalui kegiatan ekstrakurikuler, lomba, olimpiade. Guru telah berkomunikasi dengan peserta didik melalui bahasa lisan dan tulis dengan jelas, baik, dan benar. Dan guru telah menilai serta mengevaluasi peserta didik melalui penilaian proses dan evaluasi hasil belajar serta mengembangkan instrumen penilaian dan evaluasinya. 
Institution Info

Universitas Ahmad Dahlan