DETAIL DOCUMENT
Implementasi profil pelajar pancasila melalui program kamis literasi (MISI) kelas I SD Muhammadiyah Mantaran
Total View This Week0
Institusion
Universitas Ahmad Dahlan
Author
Yanni, Dinda Ayu Puspa
Subject
HM Sociology 
Datestamp
2025-02-04 03:33:02 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk dapat mendeskripsikan implementasi Profil Pelajar Pancasila dan mendeskripsikan faktor pendukung serta faktor penghambat implementasi Profil Pelajar Pancasila melalui program kamis literasi (MISI) kelas I di SD Muhammadiyah Mantaran. Profil Pelajar Pancasila merupakan perwujudan peserta didik Indonesia sebagai peserta didik sepanjang hayat yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, dengan enam ciri utama. SD Muhammadiyah Mantaran sudah menjalankan program literasi, yang disebut dengan MISI (Kamis Literasi). Program ini sudah berbasis karakter dan sesuai dengan enam ciri utama Profil Pelajar Pancasila dan memanfaatkan literasi digital. Jenis Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas I, dan siswa kelas I. Objek penelitian yaitu, implementasi Profil Pelajar Pancasila melaui program kamis literasi (MISI) kelas I SD Muhammadiyah Mantaran. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah, observasi, wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dibuat instrument penelitian. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data dalam penelitian ini terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi Profil Pelajar Pancasila melalui program kamis literasi (MISI) kelas I SD Muhammadiyah Mantaran telah diterapkan dengan baik. Implementasi dilaksanakan sesuai dengan tahapan-tahapan yang telah ditetapkan, mulai dari perencanaan kegiatan yang disusun dengan baik, pelaksanaan kegiatan, dan kegiatan evaluasi kegiatan. Siswa mampu menunjukkan sikap yang sesuai dengan nilai-nilai dalam tiap dimensi Profil Pelajar Pancasila seperti, percaya diri, mandiri, berfikir kritis, gotong royong, dan berakhlak mulia. Faktor pendukung berasal dari bawaah, kepribadian, keluarga, pendidik, dan lingkungan. Faktor penghambat yaitu kurangnya pemahaman guru, belum tersedianya bimbingan teknis dan minimnya modul ajar pembentukan Profil Pelajar Pancasila. 
Institution Info

Universitas Ahmad Dahlan