Abstract :
Tarjih diartikan sebagai penilaian terhadap suatu dalil syar?i yang secara nyata kelihatan bertentangan untuk menentukan mana yang dianggap lebih kuat yang selanjutnya untuk diamalkan. Salah satu putusan tarjih yaitu tuntunan seni budaya Islam. Pandangan Muhammadiyah terhadap seni dan budaya perlu diperhatikan agar selarasnya seni dan budaya dalam Muhammadiyah terutama dalam pembelajaran seni tari di SD Muhammadiyah Condong Catur. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui implementasi putusan tarjih Muhammadiyah dalam pembelajaran seni tari di SD Muhammadiyah Condong Catur.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru seni tari dan peserta didik SD Muhammadiyah Condong Catur. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi atau kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran seni tari di SD Muhammadiyah Condong Catur telah sesuai dengan putusan tarjih. Hal ini terbukti dari pembelajaran seni tari yang dilakukan tidak menyebabkan kerusakan, tidak membahayakan, tidak menyebabkan kedurhakaan kepada Allah, tidak membuat peserta didik menjaukan dari mengingat Allah. Unsur- unsur tari dalam pembelajaran seni tari pun sudah sesuai dengan putusan tarjih Muhammadiyah yaitu dalam pembelajaran tari peserta didik menggunakan gerak yang tidak bersentuhan antara laki-laki dengan perempuan, peserta didik menggunakan busana yang menutup aurat, peserta didik menggunakan tata rias yang natural tidak menonjol, dan musik tarian yang digunakan terdapat musik yang Islami.