Abstract :
Historia magistra vitae berarti bahwa sejarah adalah guru kehidupan yang menunjukkan
pentingnya mempelajari sejarah. Dari hasil kajian forum diskusi dictio.id ditemukan bahwa siswa
cenderung tidak menyukai pelajaran sejarah dikarenakan metode yang digunakan tidak menarik
dan hanya fokus untuk menghafal dalam pelajaran sejarah. Tujuan penelitian ini adalah
memberi warna dalam belajar sejarah menggunakan teknologi Augmented Reality dan
memberikan manfaat bagi siswa atau pengunjung dalam mengetahui tentang sejarah Monumen
Nasional yang ada di Yogyakarta.
Penelitian ini membuat aplikasi untuk menggunakan filter Instagram dengan metode
penanda yang membaca objek target untuk menerapkan dan memperkenalkan jenis monumen
nasional menggunakan teknologi Augmented Reality. Metode MDLC (Multimedia Development
Life Cycle) digunakan dalam tahap penelitian ini yang terdri dari konsep, desain, dokumentasi,
perakitan, pengujian, dan distribusi.
Penelitian ini telah berhasil menerapkan teknologi Augmented Reality. Media
pendidikan ini disajikan dalam tampilan grafis dan visualisasi tiga dimensi (3D). Pengujian Alpha
Test memperoleh hasil 100% dan Beta Test 95,4% sehingga dinyatakan bahwa filter ini layak
digunakan untuk pembelajaran sejarah mengenai monumen sehingga memudahkan siswa
untuk mengingat apa yang akan mereka pelajari dan membantu mereka fokus dengan lebih baik
dengan harapan mendorong siswa untuk lebih sering mengunjungi monumen.