DETAIL DOCUMENT
Augmented reality dalam filter instagram untuk pengenalan jenis monumen nasional sebagai media belajar bagi siswa
Total View This Week0
Institusion
Universitas Ahmad Dahlan
Author
Dwi Rahmanza, Septian
Subject
LB1501 Primary Education 
Datestamp
2025-02-07 02:46:43 
Abstract :
Historia magistra vitae berarti bahwa sejarah adalah guru kehidupan yang menunjukkan pentingnya mempelajari sejarah. Dari hasil kajian forum diskusi dictio.id ditemukan bahwa siswa cenderung tidak menyukai pelajaran sejarah dikarenakan metode yang digunakan tidak menarik dan hanya fokus untuk menghafal dalam pelajaran sejarah. Tujuan penelitian ini adalah memberi warna dalam belajar sejarah menggunakan teknologi Augmented Reality dan memberikan manfaat bagi siswa atau pengunjung dalam mengetahui tentang sejarah Monumen Nasional yang ada di Yogyakarta. Penelitian ini membuat aplikasi untuk menggunakan filter Instagram dengan metode penanda yang membaca objek target untuk menerapkan dan memperkenalkan jenis monumen nasional menggunakan teknologi Augmented Reality. Metode MDLC (Multimedia Development Life Cycle) digunakan dalam tahap penelitian ini yang terdri dari konsep, desain, dokumentasi, perakitan, pengujian, dan distribusi. Penelitian ini telah berhasil menerapkan teknologi Augmented Reality. Media pendidikan ini disajikan dalam tampilan grafis dan visualisasi tiga dimensi (3D). Pengujian Alpha Test memperoleh hasil 100% dan Beta Test 95,4% sehingga dinyatakan bahwa filter ini layak digunakan untuk pembelajaran sejarah mengenai monumen sehingga memudahkan siswa untuk mengingat apa yang akan mereka pelajari dan membantu mereka fokus dengan lebih baik dengan harapan mendorong siswa untuk lebih sering mengunjungi monumen. 
Institution Info

Universitas Ahmad Dahlan