Abstract :
Latar belakang penelitian ini adalah media yang inovatif dalam pembelajaran. Penggunaan media pembelajaran dengan pemanfaatan teknologi minim dilakukan pada pembelajaran IPA di sekolah dasar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui langkah-langkah pengembagan multimedia interaktif berbasis articulate storyline, kualitas, dan kelayakan articulate storyline pada pembelajaran IPA untuk siswa kelas III sekolah dasar.
Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (RnD) dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Analisis data menggunakan data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari hasil review para ahli materi, ahli pembelajaran dan ahli media serta guru yang memberikan saran, masukan, serta komentar. Sedangkan, data kuantitatif diperoleh dari hasil skor pada lembar penilaian yang ditunjukkan kepada para ahli, guru dan peserta didik
Data yang diperoleh dari penelitian pengembangan adalah sebagai berikut. Hasil validasi ahli materi diperoleh nilai 94,1 (Sangat Baik). Hasil validasi ahli media diperoleh nilai 84,4 (Sangat Baik). Hasil validasi ahli pembelajaran diperoleh nilai 95 (Sangat Baik). Selain dilakukan penilaian oleh para ahli, multimedia interaktif articulate storyline juga dilakukan uji coba terbatas untuk diambil data penilaian oleh guru dan respon peserta didik. Hasil penilaian guru diperoleh nilai 100 (Sangat Baik). Hasil respon peserta didik diperoleh 100 (Sangat Baik). Kemudian setelah diakumulasi nilai diambil rata dari validasi ahli materi, media, pembelajaran, penilaian guru dan respon peserta didik diperoleh nilai 97,1 (Sangat Baik). Dapat ditarik kesimpulan bahwa multimedia interaktif articulate storyline pada pembelajaran IPA untuk siswa kelas III sekolah dasar masuk ke dalam kategori ?Sangat Baik? digunakan.