Institusion
Universitas Ahmad Dahlan
Author
PATRIA, ISLAHUL MURSYID DWI
Subject
H Social Sciences (General)
Datestamp
2025-02-22 03:11:45
Abstract :
Yogyakarta menjadi kota yang mampu melahirkan destinasi wisata yang sangat pesat. Bagi calon dan pengunjung menjadi bingung untuk menentukan destinasi wisata tren dan popular yang menjadi tujuan kunjungan, jika kemudian belum ada satu wadah informasi untuk rujukan tingkat popularitas wisata terkini.
Memanfaatkan postingan sosial media Instagram dari deskripsi atau caption dengan cara melakukan crawling data menggunakan platform phantom buster. Rekomendasi travel google untuk destinasi wisata paling banyak dikunjungi di Kota Yogyakarta adalah Gembira Loka Zoo, Jalan Malioboro, Keraton Jogja, Tamansari, dan Benteng Vredeburg. Masing ? masing kelima destinasi wisata diambil berdasarkan hashtag destinasi wisata. Menggunakan metode klasifikasi Naïve Bayes untuk mengukur akurasi sentiment data. Terakhir dilakukan perangkingan dari kelima destinasi wisata.
Dari hasil perangkingan didapatkan bahwa Gembira Loka Zoo mendapatkan
peringkat satu terpopuler dengan prosentase 96.65%, kedua Keraton Jogja 92.65%,
ketiga Jalan Malioboro 91.94%, keempat Tamansari 91.91%, dan kelima Benteng
Vredeburg 90.21%.