DETAIL DOCUMENT
Implementasi E-LKPD berbasis liveworksheet dalam pembelajaran PPKN pada materi kolaborasi antar budaya di Indonesia
Total View This Week0
Institusion
Universitas Ahmad Dahlan
Author
Nisa, Desti Fitria
Subject
HX Socialism. Communism. Anarchism 
Datestamp
2025-02-28 05:42:13 
Abstract :
Pembelajaran PPKn Pada Materi Kolaborasi Antar Budaya di Indonesia (Studi Deskriptif Kelas X SMAN 1 Suboh Situbondo)?. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Ahmad Dahlan ABSTRAK Pada dunia pendidikan sekarang ini, guru diharuskan memiliki kualitas pada kemampuan mengajar khususnya bagi guru PPKn. Seiring berkembangnya zaman pendidikan di Indonesia terus melakukan pembaharuan, sehingga tenaga pendidik harus mampu mengikuti perubahan yang ada. Pada proses belajar mengajar memiliki banyak faktor yang mempengaruhi keberhasialan belajar, salah satunya yaitu bahan ajar. Berangkat dari hal tersebut, maka guru hendaknya mempersiapkan materi bahan ajar dengan tepat sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Salah satunya bentuk kreatifitias dan inovasi bahan ajar yang diciptakan oleh guru PPKn di SMAN 1 Suboh Situbondo ini menjadi contoh salah satu guru yang mengikuti perkembangan zaman. Pemilihan E-LKPD berbasis liveworksheet ini bukan tanpa alasan, sebab guru menyadari jika siswa tidak interaktif apabila pembelajaran hanya dilakukan dengan metode ajar biasa. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana proses persiapan, penerapan, serta evaluasi dari penggunaan E-LKPD berbasis liveworksheet ini pada materi kelas X kolaborasi antar budaya di Indonesia. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian yaitu guru PPKn dan peserta didik kelas X SMAN 1 Suboh Situbondo. Sedangkan objek penelitian berupa kreatifitas guru PPKn pada materi kolaborasi antar budaya di Indonesia oleh kelas X SMAN 1 Suboh Situbondo. Metode pengumpulan data yang dilakukan berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan menggunakan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan sebgai berikut; pertama, pada proses penyusunan E-LKPD berbasis liveworksheet dilakukan guru dimulai dengan mengkaji modul ajar, penuangan materi pada aplikasi canva, dan dilanjutkan mengunggah materi pada platform liveworksheet. Kedua, penerapan E-LKPD berbasis liveworksheet dilakukan pada kegiatan inti pembelajaran dengan memanfaatkan gawai, jaringan internet, dan aplikasi whatsapp group untuk mengakses materi dan latihan soal. Ketiga, evaluasi yang dilakukan guru terhadap penerapan E-LKPD berbasis liveworksheet menunjukan bahwa inovasi E-LKPD tersebut dapat mendukung proses pembelajaran sehingga dapat dengan mudah diterima oleh peserta didik, adapun hambatan yaitu jaringan internet yang tidak stabil yang menyebabkan akses materi dan soal tidak lancar, dan kerusakan gawai salah seorang peserta didik yang membuatnya tidak dapat mengakses materi dan mengerjakan soal seperti teman yang lain. 
Institution Info

Universitas Ahmad Dahlan