Abstract :
Usaha dagang merupakan kegiatan jual beli barang maupun jasa yang tujuan utamanya adalah mencari keuntungan. Banyak jenis usaha perdagangan yang ada pada saat ini salah satunya adalah perdagangan sparepart motor, usaha perdagangan yang bergerak dibidang penjualan sparepart motor sendiri melakukan kegiatan jual beli keperluan sparepart untuk merawat sepeda motor seperti, ban, kampas rem, busi, shock, oli mesin, dan masih banyak lagi seperti tempat studi kasus pada penelitian ini yaitu di ARTHA MOTOR Karanganyar.ARTHA MOTOR merupakan usaha dagang yang bergerak dibidang penjualan Sparepart sepeda motor yang dimiliki perseorangan. ARTHA MOTOR terus berkembang hingga saat ini, hal tersebut mempengaruhi jumlah, jenis item yang ada. Berdasarkan hasil wawancara dengan pemilik usaha tersebut mengemukakan bahwa banyaknya permintaan sparepart maka ARTHA MOTOR berusaha untuk memenuhi permintaan pasar (konsumen) dengan melengkapi jenis sparepart dan menambah stok barang yang tersedia pada toko sehingga tidak lagi kehabisan stok. Dengan kemajuan teknologi yang ada maka dapat di mudahkan dengan sistem informasi yang akan membantu proses prediksi sparepart dengan menggunakan model perhitungan SMA (Single Moving Average) ,dari data penjualan sparepart yang di dapatkan hasil perhitungan, ACF (Autocorrelation Function) dan PACF (Partial Autocorrelation Function) tidak ada lag yang memotong atau diluar garis interval merah. Oleh karena itu data tersebut bisa dikatakan sebagai data yang Stasioner Dan hasil perhitungan dari ACF dan PACF diperoleh MAPE dengan length 6 sebesar 2.4509.