DETAIL DOCUMENT
Pengaruh Gaya Kognitif Field Dependent-Field Independent Dan Minat Belajar Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Pada Materi Segitiga Dan Segiempat
Total View This Week0
Institusion
Universitas Muhammadiyah Gresik
Author
Akhiroh, Mazro'atul
Subject
Education 
Datestamp
2024-05-22 02:44:07 
Abstract :
Pemahaman konsep matematika merupakan kemampuan dasar yang sangat penting. Kemampuan pemahamna konsep sangat diperlukan dalam proses pembelajaran matematika. Dengan adanya kemampuan pemahaman konsep peserta didik akan lebih mudah untuk memahami prinsip dan teori-teori. Banyak peneliti terdahulu yang mengungkapkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematika ini dipengaruhi oleh beberapa hal lainnya. Seperti gaya kognitif dan minat belajar. Tujuan dalam penelitian ini ialah untuk mengetahui pengaruh gaya kognitif dan minat belajar terhadap pemahaman konsep matematika. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Anggota populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP Muhammadiyah 4 Kebomas Gresik yang berjumlah 57 peserta didik dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini satu kelas berjumlah 30 peserta didik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes GEFT, angket minat belajar dan tes pemahaman konsep matematika. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini regresi linear berganda dengan taraf signifikan 0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya keselarasan antara teori yang digunakan dengan hasil analisis, yaitu : (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara gaya kognitif terhadap pemahaman konsep matematika dengan nilai t sebesar 7,638 dengan taraf signifikan 0,000 < 0,05. (2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara minat belajar terhadap pemahaman konsep matematika dengan nilai t sebesar 3,280 dengan taraf signifikan 0,003 < 0,05. (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara gaya kognitif dan minat belajar terhadap pemahaman konsep matematika dengan nilai F 97,461 dengan taraf signifikan 0,000 < 0,05. 
Institution Info

Universitas Muhammadiyah Gresik