Institusion
Universitas Muhammadiyah Gresik
Author
Wahyuni, Elma Qurnia Elok
Subject
Education
Datestamp
2024-07-30 03:44:23
Abstract :
Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan pendekatakan kuantitatif yang memiliki tujuan untuk mengetahui adanya pengaruh kecemasan matematika terhadap kemampuan literasi matematis dan kemampuan pemecahan masalah.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Se-Kecamatan Kebomas pada tahun pelajaran 2022/2023 yang terdiri dari UPT SMP Negeri 22 Gresik, UPT SMP Negeri 20 Gresik, SMP Dharma Bhakti, SMP Islam Manbaul Ulum, SMP Muhammadiyah 4, SMP Semen Gresik, dan SMPS Daruttaqwa yang berjumlah 914 peserta didik dan sampel yang digunakan pada penelitian ini menggunakan rumus slovin yang dilakukan secara proportionate claster random sampling dengan taraf kesalahan 5% sehingga jumlah sampel penelitian yang dipilih sebanyak 278 peserta didik. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner kecemasan matematika dan tes kemampuan literasi matematis serta tes kemampuan pemecahan masalah. Tehnik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Structural Equation Modelling (SEM) dengan taraf signifikansi sebesar 5%.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh negatif yang signifikansi antara kecemasan matematika dan kemampuan literasi matematis dengan nilai C.R. -12,288?-1,967 dengan taraf signifikan sebesar 0,000?0,05. (2) Terdapat pengaruh negatif yang signifikansi antara kecemasan matematika dengan kemampuan pemecahan masalah dengan nilai C.R -8,384?-1,967 dengan taraf signifikan sebesar 0,017?0,05. (3) Terdapat pengaruh positif yang signifikansi antara kemampuan literasi matematis dan kemampuan pemecahan masalah dengan nilai C.R 21,293?1,967 dengan taraf signifikan 0,000?0,05.