Institusion
Universitas Muhammadiyah Surakarta
Author
Widiastuti, Isrina Endang
Subject
LB Theory and practice of education
Datestamp
2012-11-27 13:00:53
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menghitung volume
bangun ruang melalui pendekatan kontekstual pada siswa kelas V SD Garangan
Kecamatan Wonosegoro Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2012/2013. Sebelum
diberikan tindakan, kemampuan menghitung volume bangun ruang peserta didik kurang
dan guru sudah mengupayakan alternatif pemecahannya dengan menggunakan
beberapa metode. Penerapan metode tersebut ternyata belum mampu meningkatkan
kemampuan menghitung volume bangun ruang pada anak. Solusi yang ditawarkan
dalam penelitian ini adalah dengan pendekatan kontekstual. Subyek pelaksanaan
tindakan adalah siswa kelas V SD Negeri Garangan yang berjumlah 25 anak. Teknik
pengumpulan data menggunakan metode observsi sistematis dan wawancara. Penelitian
tindakan kelas ini dilakukan melalui dua siklus. Prosedur dalam penelitian ini terdapat
empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Indikator kinerja
dalam penelitian tindakan kelas ini adalah diharapkan dengan pendekatan kontekstual
kemampuan menghitung volume bangun ruang pada siswa kelas V SD Negeri
Garangan Kecamatan Wonosegoro Kabupaten Boyolali tahun pelajaran 2012/2013
dapat meningkat minimal 80% dari 25 anak.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan menghitung volume bangun
ruang siswa sebelum diadakan tindakan menggunakan pembelajaran kontekstual
sebanyak 9 anak (36%). Setelah dilakukan tindakan yang telah disepakati yaitu
menerapkan pembelajaran kontekstual pada siklus I kemampuan menghitung volume
bangun ruang siswa meningkat menjadi 17 anak (68%) dan pada siklus II meningkat
menjadi 22 anak (88%). Berdasarkan hasil analisis data pada penelitian tindakan ini,
hipotesis yang menyatakan ?Diduga melalui pembelajaran kontekstual dapat
meningkatkan kemampuan menghitung volume bangun ruang pada siswa kelas V SD
Negeri Garangan Kecamatan Wonosegoro Kabupaten Boyolali tahun pelajaran
2012/2013? terbukti dan dapat diterima kebenarannya.