Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk; (1) Mendeskripsikan pembelajaran seni tari melalui
kegiatan ekstrakurikuler di Madrasah Ibtidaiyah Ibadur Rahman Unra Kabupaten
Bone. (2) Mendeskripsikan apa faktor pendukung dalam kegiatan ekstrakurikuler
seni tari pada siswa Madrasah Ibtidaiyah Ibadur Rahman Unra Kabupaten Bone.
Pada dasarnya penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan
kualitatif yang memaparkan permasalahan sebagaimana adanya. Teknik
pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik observasi, wawancara dan
dokumentasi. Objek penelitian ini adalah pembelajaran seni tari melalui kegiatan
ekstrakurikuler di Madrasah ibtidaiyah Ibadur Rahman Unra Kabupaten Bone.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, diperoleh bahwa 1). Pelaksanaan
kegiatan ini memiliki kurikulum yang terstruktur, yang mencakup pengajaran
teknik dasar tari, sejarah tari, dan apresiasi seni tari. Kurikulum ini dirancang
untuk memberikan pemahaman yang mendalam tentang seni tari, baik dari segi
praktik maupun teori. Selain itu, program ini juga mengundang instruktur seni
tari. 2). Ketersediaan sumber daya seperti fasilitas dan peralatan adalah faktor
penting dalam mendukung kegiatan seni tari, selalu memberikan arahan dan
masukan terhadap para anggota agar mempunyai arah dan tujuan yang telah
ditetapkan untuk berkreatifitas. Dukungan dari pihak sekolah sangat penting
dalam kesuksesan kegiatan ekstrakurikuler seni tari. Kepala sekolah dan staf
sekolah perlu memberikan komitmen dan dukungan dalam hal alokasi waktu,
fasilitas, dan anggaran yang memadai. Ini akan memastikan bahwa siswa
memiliki akses yang cukup untuk melatih dan berpartisipasi dalam pertunjukan
seni tari. Peran orang tua juga sangat mendukung kegiatan seni tari. Orang tua
yang mendukung dan terlibat dalam kegiatan seni tari anak-anak mereka
cenderung memiliki hasil yang lebih baik
Kata Kunci Pembelajaran ekstrakurikuler tari