Abstract :
Selama melaksanakan kerja profesi di Yayasan Pendidikan Jaya (YPJ),
Praktikan bekerja di bawah pengawasan serta bimbingan Kepala Bagian
Keuangan. Dalam kerja profesi, Praktikan berkesempatan untuk turut
berpartisipasi dan terlibat langsung dalam pelaksanaan fungsi administrasi
keuangan di Yayasan Pendidikan Jaya ini seperti pembuatan laporan bon
penerimaan, pembuatan bon penerimaan (bonpen), pembuatan bukti jurnal dan
rekapitulasinya, rekonsiliasi piutang SP, pencatatan Bukti Pembayaran (BP),
verifikasi Transaksi Dalam Proses (TDP) ? Penyelesaian Transaksi Dalam
Proses (PTDP), verifikasi kartu anggaran termasuk membantu tugas Kepala
Bagian Keuangan dalam membuat resume pembayaran SPP untuk 1 (satu)
tahun ajaran.
Aktivitas atau tanggung jawab Divisi Keuangan Yayasan Pendidikan Jaya
terfokus pada penyusunan rencana kerja dan anggaran yang dilakukan di bulan
Mei, verifikasi laporan pertanggungjawaban keuangan unit Sekolah
Pembangunan Jaya (SPJ)--agar mendapatkan laporan yang valid, penyusunan
laporan realisasi penggunaan dana, rapat koordinasi dan evaluasi bagian
keuangan YPJ dengan unit keuangan SPJ--guna tercipta koordinasi dan
komunikasi yang baik?yang dilakukan di bulan Juni dan Desember, serta
penyusunan laporan evaluasi anggaran dan program kerja di bulan April. Dalam
melaksanakan seluruh aktivitas dan tanggung jawab tersebut, bagian keuangan
YPJ memegang teguh 5 (lima) asas, yaitu transparansi, akuntabilitas,
responsibilitas, integritas, dan keadilan.
Kata kunci : Bon penerimaan (bonpen), bukti jurnal dan rekapitulasi, rekonsiliasi,
Bukti Pembayaran (BP), Transaksi Dalam Proses (TDP), Penyelesaian Transaksi
Dalam Proses (PTDP), kartu anggaran.