Abstract :
Komunikasi adalah proses pengiriman (sending) dan penerimaan (receiving) pesan
atau berita (informasi) antara dua individu atau lebih dengan cara yang efektif
sehingga pesan yang dimaksud dapat dipahami. Pada sebuah perusahaan,
komunikasi biasanya digunakan pada divisi Marketing Komunikasi. Marketing
komunikasi digunakan sebagai sarana di mana perusahaan berusaha
menginformasikan, membujuk, dan mengingatkan konsumen secara langsung
maupun tidak langsung tentang produk dan merek yang dijual. Komunikasi
pemasaran mempresentasikan "suara" perusahaan dan mereknya serta merupakan
sarana di mana perusahaan dapat berdialog dan membangun hubungan dengan
konsumen. Walaupun suatu instansi atau perusahaan sudah memiliki divisi marketing
tetapi banyak yang tidak tahu pentingnya divisi ini. Marketing dianggap sebagai
penentu sukses atau tidaknya sebuah perusahaan. Karena divisi marketing
bertanggung jawab untuk menjalin kerja sama dengan klien yang membeli atau
menggunakan jasa perusahaan. Tugas marketing antara lain mencari peluang
mendapatkan klien baru, memuaskan pelanggan serta membuat pelanggan bertahan.
Menjadi Marketing komunikasi juga harus memiliki etika yang baik yaitu jujur,
bersemangat untuk mencapai keunggulan, terbuka untuk menerima ide-ide baru,
optimis dengan perubahan, dan dapat bekerja secara individu atau bekerja sama
sebagai team.
Kata kunci : komunikasi, marketing, marketing komunikasi, aktifitas marketing
komunikasi