Abstract :
Selama melaksanakan kerja profesi di WebTVAsia Indonesia, Praktikan bekerja di
bawah pengawasan serta bimbingan Marketing Creative Executive. Dalam
melaksanakan kegiatan kerja profesi, Praktikan berkesempatan untuk turut
berpartisipasi dan terlibat langsung dalam pelaksanaan kegiatan Marketing
Communication di WebTVAsia Indonesia ini seperti mengelola media sosial
Instagram dan artikel website WebTVAsia Indonesia mulai dari perencanaan,
produksi, sampai implementasi konten. Praktikan juga melaksanakan kegiatan
partnership dengan membuat press release, dan membuat media monitoring.
Selain itu, praktikan juga berkontribusi dalam beberapa kegiatan media partner
seperti promosi melalui Instagram, melalui gala premiere, dan media pass.
Praktikan juga membuat social media reporting setiap bulannya. Aktivitas maupun
tanggung jawab dari divisi Marketing Communication di WebTVAsia Indonesia
meliputi mengelola media sosial dari WebTVAsia Indonesia, melakukan
partnership, dan mengelola segala bentuk event yang diselenggarakan oleh
perusahaan. Pengelolaan konten media sosial dan website dari WebTVAsia
Indonesia berfokus kepada konten yang ditujukann untuk generasi millennials dan
gen z yang dimulai dari riset, produksi, hingga analisis konten. Kemudian untuk
kegiatan media partner, Marketing Communication melakukan barter value, dan
mempromosikan konten partnership di media sosial WebTVAsia Indonesia.
Selama periode masa kerja profesi, Praktikan mendapatkan pengalaman dan ilmu
mengenai pengelolaan media sosial di suatu perusahaan.
Kata kunci: media sosial, marketing communication, WebTVAsia Indonesia,
pengelolaan media sosial