Institusion
Universitas Pembangunan Jaya Tangerang
Author
Anak, Agung Sagung Vivi Widyanti
Subject
HE Transportation and Communications
Datestamp
2020-10-21 04:07:06
Abstract :
Kompas TV merupakan sebuah institusi media yang mulai mengudara perdana
pada tahun 2011, sehingga Praktikan merasa tertarik untuk mempelajari
bagaimana kegiatan promosi sebuah perusahaan media yang masih
berkembang. Selama melaksanakan kerja profesi di Kompas TV Jakarta,
Praktikan bekerja di bawah Divisi Programming dan berada dalam Departemen
Promosi dengan di bawah pengawasan serta bimbingan Media Planner and
Media Relations Officer. Dalam kerja profesi, Praktikan berkesempatan untuk
berpartisipasi dan terlibat langsung dalam pelaksanaan tugas Media Planner and
Media Relations di Kompas TV yaitu dalam bidang media plan, Praktikan
menjalankan pelaksanaan tugas seperti membuat perencanaan media, membuat
monthly media plan, membuat media order, membuat work order, dan melakukan
follow-up materi desain. Namun, dalam bidang media relations, Praktikan
melakukan tugas meliputi daily check email promo Kompas TV, dan melakukan
review penawaran kerjasama pihak eksternal kepada Kompas TV. Aktivitas atau
tanggung jawab Departemen Promosi Kompas TV yaitu terfokus pada Promosi
On Air yaitu promosi yang ditayangkan di televisi dan Promosi Media Non-TV
yaitu promosi yang dilakukan di media selain televisi seperti media cetak, media
online, hingga media luar ruang dengan tujuan untuk bagaimana
mempromosikan program-program Kompas TV agar dapat meningkatkan jumlah
pemirsa dan mendapatkan pemirsa baru melalui kegiatan promosi. Kerja Profesi
ini membuat Praktikan dapat mempelajari secara langsung dan memiliki keahlian
serta pengetahuan sebagai Media Planner and Media Relations.
Kata kunci : media planner, media relations, promosi