Abstract :
Selama melaksanakan kerja profesi di PT Tokopedia, praktikan bekerja dibawah
pengawasan staff marketing divisi Business and Merchant Development. Market
Place dan Start Up merupakan model bisnis baru yang berkembang dengan
pesat di Indonesia, keberhasilan Tokopedia dalam menguasai bisnis Market
Place dengan peringkat teratas pada beberapa survey di Indonesia membuat
praktikan memilih melaksanakan Kerja Profesi di salah satu perusahaan ternama
di Indonesia ini. Praktikan berkesempatan untuk aktif berpartisipasi dan terlibat
langsung dalam kegiatan customer relations di PT Tokopedia, seperti akuisisi,
rention, venue retention, event retention team, free return project dan survey
TemuToppers road show. Aktivitas divisi Business and Merchant Development
terfokus pada pengembangan, pendekatan dan perbaikan usaha seller
Tokopedia. Seluruh kegiatan customer ini dilakukan melalui berbagai media baik
melalui telfon, chatting atupun bertemu secara langsung. Proses komunikasi
menjadi sangat penting dalam kegiatan customer relations, komunikasi yang
terus dijalin akan memberikan keuntungan dan banyak informasi bagi
keberhasilan perusahaan dalam memberikan pelayanan yang maksimal bagi
para penggunanya.
Kata kunci : Market Place, Start-Up, Marketing, Customer relations, Retention,
pengembangan, akuisisi