Abstract :
Menghadapi tantangan era Revolusi Industri 4.0, penguasaan soft skill memiliki
peran yang sangat penting dalam upaya memenangkan persaingan global. Salah
satu cara mahasiswa mengembangkan soft skillnya adalah mencari pengalaman di
dunia kerja. Untuk itu, Praktikan melakukan Kerja Profesi di PT Indofood Sukses
Makmur Tbk yang merupakan salah satu Perusahaan food and beverages di
Indonesia. Selama melaksanakan Kerja Profesi, Praktikan bekerja di Divisi
Corporate Communication. Praktikan berkesempatan untuk turut berpartisipasi dan
terlibat langsung dalam kegiatan Corporate Public Relations di PT Indofood Sukses
Makmur Tbk seperti pembuatan daily news summary, pelaksanaan press
conference, pembuatan news report, pembuatan laporan media relations, kegiatan
sponsorship, memonitoring regulasi pemerintahan, pembuatan laporan government
relations, pembuatan konten artikel majalah perusahaan, pembuatan konten social
media dan website perusahaan, pelaksanaan event perusahaan, hingga membantu
Departemen Corporate Social Responsibility (CSR).
Aktivitas atau tanggung jawab Corporate Public Relations PT Indofood Sukses
Makmur Tbk terfokus pada komunikasi antara internal dan eksternal perusahaan.
Corporate Public Relations PT Indofood Sukses Makmur Tbk senantiasa berupaya
untuk menjalin dan menjaga hubungan yang baik antar karyawan internal maupun
stakeholders eksternal dengan cara mengadakan acara tahunan karyawan dan
adanya media internal perusahaan, mensupport acara media dan pemerintahan,
membuat acara tahunan untuk media, serta menerima kunjungan dari masyarakat.
Hal ini dilakukan untuk terciptanya hubungan yang baik antara perusahaan dengan
publiknya serta terbangun reputasi positif.
Kata kunci: Kegiatan Corporate Public Relations, Corporate Communication, Internal
Relations, Media Relations, Government Relations, Event, Sponsorship, Corporate
Social Responsibility (CSR)