Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Entrepreneurial
education dan Family support terhadap Entrepreneurial intention dengan SelfEfficacy sebagai variabel mediasi. Studi ini dilakukan pada mahasiswa angkatan
2020 Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro. Metode penelitian
yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan Partial Least Square
(PLS) untuk menguji hipotesis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Entrepreneurial education
berpengaruh positif signifikan terhadap Self-Efficacy dan Entrepreneurial
intention. Begitu pula, Family support berpengaruh positif terhadap Self-Efficacy
dan Entrepreneurial intention. Selain itu, Self-Efficacy terbukti memediasi
pengaruh Entrepreneurial education dan Family support terhadap Entrepreneurial
intention. Temuan ini menegaskan pentingnya peran pendidikan kewirausahaan
dan dukungan keluarga dalam mendorong niat berwirausaha pada mahasiswa,
dengan Self-Efficacy sebagai variabel penting yang memperkuat hubungan tersebut.
Penelitian ini memberikan kontribusi penting bagi pengembangan program
pendidikan kewirausahaan dan strategi intervensi dukungan keluarga yang lebih
efektif dalam meningkatkan niat berwirausaha. Rekomendasi untuk penelitian
selanjutnya mencakup perlunya kajian lebih mendalam tentang peran faktor
eksternal lainnya dalam memperkuat hubungan antara pendidikan, dukungan
keluarga, dan niat berwirausaha