DETAIL DOCUMENT
MANAJEMEN SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DI SMP NEGERI 1 MARGASARI KABUPATEN TEGAL
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
Apriyanto, Apriyanto
Subject
LB Theory and practice of education 
Datestamp
2024-10-14 07:57:32 
Abstract :
Apriyanto Ardi, Y (2021) Manajemen Supervisi Akademik Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru di SMP Negeri 1 Margasari Kabupaten Tegal?. Tesis. Pembimbing I, Dr. Ngurah Ayu Nyoman Murniati, M.Pd. dan Pembimbing II, Dr. Ghufron Abdullah, M.Pd Salah satu sekolah di Kabupaten Tegal untuk wilayah Selatan yang menurut peneliti memiliki mutu pendidikan yang baik adalah SMP Negeri 1 Margasari Kabupaten Tegal. Terbukti dari prestasi yang diraih baik dari guru-gurunya maupun dari peserta didiknya. Keunggulan dan keunikan lainnya juga tergambar pada proses supervisi akademik dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan tindaklanjut yang sudah berjalan dengan baik dan terbukti mampu meningkatkan kompetensi profesional guru. Fokus penelitian ini sejalan dengan tujuan penelitian yaitu untuk mendeskripsikan dan menganalisis: perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan tindak lanjut hasil evaluasi dari supervisi akademik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologis. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan analisis data ditempuh melalui proses reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan metode trianggulasi data/sumber, yaitu dengan membandingkan hasil wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini sebagai berikut: 1) Rencana supervisi akademik sudah kooperatif, kreatif, komprehensif, fleksibel dan berkesinambungan, 2) Pelaksanaan kegiatan supervisi akademik dilakukan melalui pembelajaran jarak jauh, 3) Evaluasi hasil supervisi akademik disampaikan secara langsung, personal 4) Tindaklanjut oleh guru dengan memperbaiki pembelajaran. Sekolah berupaya meningkatkan kompetensi profesional melalui diklat, bimtek dan IHT, manajemen supervisi akademik kepala sekolah dapat meningkatkan kompetensi profesional guru terutama dalam penggunaan media pembelajaran dan penyusunan perangkat pembelajaran. Saran peneliti : Kepala Dinas Pendidikan melalui pengawas sekolah agar melakukan pembinaan teknis secara berkala berupa pelatihan, diklat maupun bentuk pembinaan lainnya guna meningkatkan kompetensi kepala sekolah. Kepala Sekolah/Supervisor hendaknya lebih aktif turut serta dalam pemantauan pembelajaran jarak jauh, supaya guru meningkatkan kemampuan penggunakan metode pembelajaran dan media pembelajaran. Hasil penelitian didiseminasikan di SMP Negeri 1 Margasari Kabupaten Tegal, dihadiri oleh guru dan karyawan serta dapat diterima dengan baik. Kata Kunci: Manajemen supervisi akademik, Kompetensi profesional guru 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang