DETAIL DOCUMENT
PENGEMBANGAN MEDIA DAKOTA (DAKON MATEMATIKA) PADA MATERI KPK DAN FPB DI KELAS V SD NEGERI KAJAR 01 PATI
Total View This Week0
Institusion
Universitas PGRI Semarang
Author
Yusantika, Yuyuk
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2024-10-14 08:07:53 
Abstract :
YUYUK YUSANTIKA. NPM 20120264. ?Pengembangan Media Dakota (Dakon Matematika) pada Materi KPK dan FPB di Kelas V SD Negeri Kajar 01 Pati?.Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Dosen Pembimbing I Sunan Baedowi, S.H.I., M.S.I. dan Dosen Pemimbing II Aries Tika Damayani, S.Pd., M.Pd. Juni. 2024. Latar belakang masalah yang mendorong penelitian ini adalah tidak adanya penggunaan media pembelajaran pada materi FPB dan KPK. Penggunaan metode ceramah masih sering kali digunakan selama proses pembelajaran sehingga peserta didik kurang memahami materi pembelajaran dan kurang antusias selama proses pembelajaran. Dengan demikian, menyebabkan peserta didik masih mengalami kesulitan dalam memecahkan masalah pada materi FPB dan KPK. Sehingga hasil belajar belum memenuhi kriteria ketuntasan yang telah ditentukan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana pengembangan media Dakota (Dakon Matematika) pada materi KPK dan FPB untuk siswa kelas V SD Negeri Kajar 01 Pati?, 2) Bagaimana kelayakan media Dakota (Dakon Matematika) pada materi KPK dan FPB untuk siswa kelas V SD Negeri Kajar 01 Pati?Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui pengembangan media Dakota (Dakon Matematika) pada materi KPK dan FPB untuk siswa kelas V SD Negeri Kajar 01 Pati, 2) Untuk mengetahui kelayakan media Dakota (Dakon Matematika) pada materi KPK dan FPB untuk siswa kelas V SD Negeri Kajar 01 Pati. Metode penelitian ini adalah menggunakan penelitian pengembangan R & D (Research and Development) menurut Borg and Gall (Sugiyono 2016:298) yang berorientasi pada produk. Peneliti membatasi langkah penelitian hanya sampai tahap 6, yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, dan uji coba produk. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran sudah sesuai dengan langkah-langkah pengembangan Borg and Gall untuk memperoleh kriteria valid dan layak digunakan dalam pembelajaran dengan persentase validasi ahli materi 95,58% dan ahli media 88,75%. Sedangkan analisis presentase respon peserta didik sebesar 100% dan analisis presentase respon guru sebesar 89,6%. Berdasarkan penilaian evaluasi pembelajaran penggunaan media pembelajaran media Dakota mampu meningkatkan kemampuan pemahaman peserta didik dengan mencapai Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) dengan nilai rata-rata adalah 87,25. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang disampaikan adalah adanya pengembangan media Dakota (Dakon Matematika) pada materi KPK dan FPB dapat digunakan sebagai salah satu alternatif guru dalam mengajar sebagai media pembelajaran yang efektif dan menrik sehingga peserta didik dapat memahami materi yang disampaikan dengan maksimal. 
Institution Info

Universitas PGRI Semarang