DETAIL DOCUMENT
Meta-analisis faktor diet terhadap risiko kanker payudara pada wanita
Total View This Week0
Institusion
Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
Author
Ratnasari, Putu Diah
Subject
R Medicine (General) 
Datestamp
2020-02-17 02:18:34 
Abstract :
Ratnasari, Putu Diah. 2019. Meta-Analisis Faktor Diet Terhadap Resiko Terjadinya Kanker Payudara Pada Wanita. Skripsi, Program Studi Pendidikan Dokter, Fakultas Kedokteran, Universitas Wijaya Kusuma Surabaya. Pembimbing: Nugroho Eko Wirawan Budianto, Pratika Yuhyi Hernanda ABSTRAK Beberapa penelitian telah mempublikasikan data tentang hubungan antara kanker payudara dan faktor diet. Karena itu kami melakukan tinjauan sistematis dan meta-analisis studi eksperimental untuk mengevaluasi efek dari faktor diet. Metode: Kami mengumpulkan studi yang relevan dengan melakukan pencarian pada situs internet khusus yakni ProQuest dan PubMed Publisher. Pencarian menghasilkan 2706 referensi, 15 di antaranya dapat dimasukkan dalam meta-analisis. Studi ini, menunjukkan konsumsi kopi dalam jumlah yang tinggi dapat meningkatkan risiko kanker payudara dengan OR = 1,12 [95% CI 0,98, 1,27], konsumsi alkohol yang tinggi dapat meningkatkan risiko kanker payudara dengan OR = 1,03 [95% CI 0,79, 1,34], konsumsi produk susu dalam intensitas yang tinggi dapat meningkatkan kejadian risiko kanker payudara dengan OR = 1,01 [95% CI 0,71, 1,44] dan konsumsi sayuran yang rendah dapat meningkatkan risiko kanker payudara dengan OR = 1,14 [95% CI 0,64, 2,03]. Pada Uji Chi square ( Fisher's exact test), faktor diet kopi (p valeu 0,000), diet alkohol (p valeu 0,000), diet dairy product (0,000) menunjukkan hubungan yang signifikan dengan risiko kanker payudara, namun fisher's exact test, faktor diet sayuran menunjukkan tidak ada hubungan yang signifikan (nilai p 0,226) dengan risiko kanker payudara. Kesimpulan: Analisis ini mengkonfirmasi hubungan antara asupan kopi, alkohol, produk susu dan sayuran dengan risiko kanker payudara dari sumber yang dipublikasikan. Disarankan untuk konsumsi kopi, alkohol, produk susu, dan sayuran dalam jumlah yang rendah agar dapat menghindari risiko kanker payudara. Kata kunci : konsumsi, kanker payudara, kopi, alkohol, produk susu olahan, sayuran 

File :
Abstrak.pdf
Institution Info

Universitas Wijaya Kusuma Surabaya