Abstract :
Prestasi belajar dapat tercapai dengan baik jika ada usaha yang keras dari peserta didik dan guru yang berkompeten terhadap minat belajar. Beberapa pertanyaan yang muncul dalam berkompeten terhadap minat belajar. Bagaimana pemahaman anak usia 7-12 tahun dan minat belajar? Bagaimana peran guru PAK yang berkompeten terhadap minat belajar dan bagaimana pula aplikasinya bagi guru PAK? Minat belajar anak dalam skripsi ini adalah menggunakan penelitian kualitatif literatur (murni) dan sistem penulisannya menggunakan metode deskriptif. Hasil penelitian, latar belakang minat belajar, pemahaman tentang anak usia 1-12 tahun dan minat belajar, peran guru PAK yang berkompeten terhadap minat belajar anak usia 7-12 tahun dan aplikasinya bagi guru PAK. Beranjak dari permasalahan di atas maka tujuan penulisan skripsi ini: pertama, menjelaskan karakteristik usia 7-12 tahun dan minat belajar. Kedua, menjelaskan peran guru PAK yang berkompeten terhadap minat belajar dan yang ketiga menjelaskan aplikasi bagi guru PAK. Hipotesis: jika guru PAK memiliki potensi yang baik dalam mengajar, maka akan meningkatkan prestasi belajar peserta didik. Selanjutnya, betapa pentingnya penelitian penulisan skripsi ini berkenan dengan beberapa hal: pertama memberi kontribusi bagi STT Injili Arastamar dalam pengembangan ilmu pengetahuan khususnya PAK. Kedua memberi sumbangsih bagi guru PAK khususnya di Sekolah Dasar (SD) dan yang ketiga memperlengkapi penulis dalam pelayanan. Pada akhirnya saran yang dapat disampaikan dalam skripsi ini dapat dipakai oleh guru PAK atau guru Sekolah Dasar (SD) yang bertanggung jawab melengkapi peserta didik.