DETAIL DOCUMENT
Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas Viii Smp Negeri 17 Kendari
Total View This Week14
Institusion
Universitas Halu Oleo
Author
Deliyanti, A1I115 010
Subject
Model Pembelajaran 
Datestamp
2019-11-04 05:21:48 
Abstract :
ABSTRAK Deliyanti (A1I1 15 010) “Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 17 Kendari”. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan hasil belajar matematika peserta didik kelas VIII SMP Negeri 17 Kendari yang diajar dengan model pembelajarn reciprocal teaching, (2) mendeskripsikan hasil belajar matematika peserta didik kelas VIII SMP Negeri 17 Kendari yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional, (3) mengetahui ada pengaruh pengaruh hasil belajar antara peserta didik kelas VIII SMP Negeri 17 Kendari yang diajar menggunakan model pembelajaran reciprocal teaching dengan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 17 Kendari tahun ajaran 2018/2019. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pemberian instrumen penelitian berupa lembar observasi aktivitas peserta didik dan tes hasil belajar matematika peserta didik yang berbentuk tes essay. Teknik analisis menggunakan statistik deskpriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian secara deskriptif dan secara inferensial menunjukkan bahwa: (1) Hasil belajar matematika peserta didik setelah diajar menggunakan model pembelajran reciprocal teaching pada materi relasi dan fungsi peserta didik kelas VIII SMP Negeri 17 Kendari diperoleh nilai rata-rata 69,55; Median 70,00; modus 76; dan kemiringan (skewness) -0,26; (2) Hasil belajar matematika peserta didik setelah diajar menggunakan model pembelajaran konvensional pada materi relasi dan fungsi kelas VIII SMP Negeri 17 Kendari diperoleh nilai rata-rata 63,43; median 61,50; modus 76; dan kemiringan (skewness) 0,26; (3) Ada pengaruh yang signifikan hasil belajar antara peserta didik yang diajar menggunkan model pembelajaran reciprocal teaching dengan peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional kelas VIII SMP Negeri 17 Kendari. Kata kunci: model pembelajaran reciprocal teaching, model pembelajaran konvensional, hasil belajar matematika. 
Institution Info

Universitas Halu Oleo