DETAIL DOCUMENT
EVALUASI GEOMETRI JALAN ANGKUT TAMBANG BERDASARKAN KETENTUAN AASHTO DARI PIT YUDISTIRA MENUJU STOCKPILE DI PT. ELIT KHARISMA UTAMA DESA MOROMBO KECAMATAN LASOLO KEPULAUAN KABUPATEN KONAWE UTARA
Total View This Week14
Institusion
Universitas Halu Oleo
Author
ERICK IRIANTO PUTRA MEUSU, F3G212060
Subject
Geometri Jalan Tambang 
Datestamp
2020-06-10 06:24:05 
Abstract :
EVALUASI GEOMETRI JALAN ANGKUT TAMBANG BERDASARKAN KETENTUAN AASHTO DARI PIT YUDISTIRA MENUJU STOCKPILE DI PT. ELIT KHARISMA UTAMA DESA MOROMBO KECAMATAN LASOLO KEPULAUAN KABUPATEN KONAWE UTARA PROVINSI SULAWESI TENGGARA Erick Irianto Putra Meusu (Jurusan Teknik Pertambangan, Fakultas Ilmu Dan Teknologi Kebumian, Universitas Halu Oleo) erick.putrameusu@gmail.com INTISARI PT Elit Kharisma Utama terletak di Desa Morombo, Kecamatan Lasolo Kepulauan, Kabupaten Konawe Utara. Di wilayah IUP perusahaan terdapat Pit Yudistira yang sedang ditambang. Kegiatan penambangan di Pit Yudistira ditambang oleh PT. Jaya Bersama Sahabat sejak tahun 2017. Perusahaan berencana melakukan pengapalan menggunakan vessel yang akan dimulai akhir tahun 2019, yang mana rencana tersebut membuat jalan angkut lebih aktif dan sibuk dalam memenuhi kebutuhan stockpile. Dengan rencana tersebut perusahaan berencana mengevaluasi jalan angkut tambang milik PT. Elit Kharisma Utama. Sehingga penelitian ini bertujuan utnuk menentukan geometrik jalan angkut dari Pit Yudistira menuju stockpile dan membandingkannya dengan standar jalan AASHTO (American Association Of State Highway And Transportation Officials). Untuk menentukan geometri jalan, terlebih dahulu melakukan pengukuran lebar alat angkut terbesar yang digunakan. Dimana, alat angkut terbesar yang digunakan adalah Dump Truck Hino 500 FM 260 Ti dengan lebar sebesar 2,78 meter. Dari hasil pengukuran geometrik jalan PT. Elit Kharisma Utama diperoleh nilai superelevasi 0,01─0,76 meter, jari-jari tikungan 23,5─87,5 meter, lebar jalan lurus pada setiap segmen 7,09─11,34 meter untuk 2 jalur dan 3,82 meter untuk 1 lajur, lebar jalan tikungan 4,66─15,89 meter dan nilai grade 13,48% dan 19,64% untuk 2 titik yang dievaluasi sedangkan untuk nilai cross slope dari tidak memiliki cross slope hingga mencapai nilai 0,39 m/m. Berdasarkan perbandingan dengan standar jalan menurut teori AASHTO, maka perlu perubahan nilai superelevasi menjadi 0,08 meter, untuk jari-jari tikungan dump truck dinilai mampu melaju selama jari-jari lintasan di atas nilai 8,8 meter, untuk lebar jalan dari 7,09 meter menjadi 9,73 meter pada jalan lurus dan 4,66 meter menjadi 13,64 meter pada lebar jalan tikungan, untuk nilai grede jalan yang dievaluasi akan diubah menjadi 8% dan cross slope jalan angkut menjadi 20 cm/m. Kata Kunci: Geometrik jalan, Jalan angkut tambang, Kemiringan melintang 
Institution Info

Universitas Halu Oleo