Abstract :
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achivement Division (STAD) terhadap hasil belajar teknik dasar passing bola voli. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi eksperimental) dengan menggunakan rancangan penelitian the non randomized control group pretest-posttest design. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas IX SMP Negeri 3 Tejakula Tahun Ajaran 2021/2022 yang terdiri dari 2 kelas yang berjumlah 48 peserta didik. Data hasil belajar dikumpulkan melalui pretest dan posttest. Analisis data menggunakan Uji-t dengan SPSS 16.0 for Windows. Eksperimen dilakukan sebanyak 2 kali perlakuan di luar pretes-posttest. Data hasil belajar dikumpulkan melalui tes objektif, observasi dan unjuk kerja. Pada kelompok eksperimen nilai pretest didapatkan rata-rata nilai 66,48 sedangkan kelompok kontrol 64,0. Hasil nilai posttest pada kelompok eksperimen didapatkan nilai rata-rata 82,76. Sedangkan Kelompok kontrol didapatkan nilai rata-rata 78,18. Rata-rata gain score normalisasi yang didapatkan pada masing-masing kelompok adalah pada kelompok eksperimen sebesar 0,5 sedangkan kelompok kontrol sebesar 0,4. Angka signifikansi yang diperoleh sebesar sig 0,001<0,05. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan hasil belajar peserta didik yang di berikan perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih meningkat di bandingkan dengan kelompok kontrol yang diberikan model pembelajaran konvensional. Model pembelajaran kooperatif tipe STAD berpengaruh signifikan terhadap peningkatan hasil belajar teknik dasar passing bola voli pada peserta didik kelas IX SMP Negeri 3 Tejakula.