Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengimplementasikan konten pembelajaran interaktif berbasis discovery learning serta mengetahui respon guru dan siswa terhadap penggunaan konten pembelajaran interaktif khususnya pada mata pelajaran Fiqih Transaksi Jual Beli Berdasarkan Syariat Islam untuk kelas X MAN 1 Jembrana. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Research and Development (R&D), dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas X MAN 1 Jembrana dan juga guru pengampu mata pelajaran Fiqih. Hasil dari perhitungan konten pembelajaran interaktif melalui uji ahli isi serta ahli desain dan media mendapatkan nilai rata-rata sebesar 1,00 yang masuk pada kategori sangat valid. Hasil untuk uji efektivitas dengan menggunakan perhitungan N-Gain memperoleh nilai sebesar 0,76 yang masuk dalam kategori interprestasi efektif. Hasil untuk uji kriteria keberhasilan mendapatkan nilai sebesar 100% yang masuk dalam kategori sangat tinggi. Hasil uji respon siswa mendapatkan nilai rata-rata sebesar 77,83 yang masuk pada kategori sangat praktis dan hasil uji respon guru mendapatkan nilai rata-rata sebesar 45 yang masuk pada kategori sangat praktis.