DETAIL DOCUMENT
THE EFFECT OF GAMIFICATION BASED ON BALINESE LOCAL STORIES AS A TEACHING MEDIA ON FIFTH GRADE ELEMENTARY SCHOOL STUDENTS’ READING COMPREHENSION
Total View This Week0
Institusion
Universitas Pendidikan Ganesha
Author
Dewi, Kadek Eva Yanthi Kusuma
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2020-02-21 05:51:34 
Abstract :
Perkembangan industry revolusi 4.0 menuntut penggunaan media belajar yang inovatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efek gamifikasi berdasarkan cerita lokal dari Bali sebagai media belajar terhadap kemampuan pemahaman membaca untuk kelas 5 SD. Penelitian ini menggunakan kuasi-eksperimental dengan desain one group pre-test post-test. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas 5 di SD N 5 Kampung Baru. Sampel dari penelitian ini adalah 31 siswa kelas 5 SD yang berada pada tahun akademik 2019/2020. Penelitian ini menggunakan dua instrument yaitu instrument perlakuan dan instrument pretest posttest. Sampel eksperimental diberikan pretest dan posttest sebanyak enam kali. Hasil dari posttest menunjukan perubahan yang signifikan terhadap kemampuan pemahaman bacaan siswa. Hasil penelitian menujukan bahawa nilai rata-rata posttest siswa lebih tinggi dibandingan nilai rata-rata pretest (87.13 > 56.11). Hasil hypothesis testing (paired sample t-test) menunjukkan bahwa terdapat efek yang signifikan dari penggunaan gamifikasi berdasarkan cerita lokal Bali sebagai media mengajar terhadap kemampuan pemahaman membaca pada siswa kelas 5 SD yang dapat dilihat dari nilai thitung > ttabel 31.608 > 1.671. Penggunaan gamifikasi berdasarkan cerita lokal sebagai media belajar dapat digunakan dalam mengajar pemahaman membaca siswa. 
Institution Info

Universitas Pendidikan Ganesha