Abstract :
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (i) kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi persamaan linear dua variabel dan (ii) penyebab kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi persamaan linear dua variabel. Studi ini ialah penelitian kualitatif bertipe deskriptif. Subjek studi yaitu siswa kelas VIII-C SMP Negeri 3 Abiansemal. Analisa data diambil dari pengumpulan data, penyajian, reduksi data, dan menarik kesimpulan. Hasil temuan ini menunjukan: kesalahan menyusun rencana (43,67%), lalu kesalahan memahami soal (32,60%), selanjutnya kesalahan melaksanakan rencana (14.03%) dan terakhir kesalahan memeriksa kembali (9,68%) dari total semua kesalahan yang terjadi. Faktor penyebab dalam penelitian ini dibedakan menjadi dua yaitu (1) faktor yang berasal dari diri siswa sendiri (faktor internal) dan faktor yang berasal dari luar (faktor eksternal). Faktor eksternal berupa keterbatasan waktu belajar di sekolah. Faktor internal diantaranya berupa (1) kurangnya kemampuan bahasa, (2) kurangnya pemahaman terhadap metode penyelesaian, (3) ketidaktelitian dalam pengerjaan, dan (4) ketergesa-gesaan dalam memeriksa kembali.