DETAIL DOCUMENT
PENGEMBANGAN E – MODUL MULTI REPRESENTASI BERORIENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) KELAS VIII
Total View This Week0
Institusion
Universitas Pendidikan Ganesha
Author
Widayanthi, Ni Made Ayu
Subject
LB1603 Secondary Education. High schools 
Datestamp
2022-02-24 02:09:02 
Abstract :
Kemampuan literasi peserta didik masih berada di bawah rata-rata sehingga tujuan dari penelitian ini adalah 1) mendeskripsikan karakteristik e-modul multi representasi berorientasi model problem based learning pada materi SPLDV, 2) mengetahui validitas, 3) tingkat kepraktisan, 4) dan tingkat keefektifan e-modul multi representasi berorientasi model problem based learning pada SPLDV dalam meningkatkan literasi matematika siswa kelas VIII. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 2 Kuta Utara. Format bahan ajar e-modul dikemas dalam bentuk link berupa flipbook dan di dalamnya memuat lembar aktivitas, video pembelajaran, media geogebra, evaluasi berupa quizizz (multi representasi). Rancang bangun modul digital terdiri dari halaman sampul e-modul, halaman pembuka, halaman pengantar e-modul, halaman aktivitas, halaman video pembelajaran, halaman materi, halaman refleksi dan latihan soal, halaman daftar pustaka, dan halaman sampul penutup modul. Berdasarkan hasil yang diperoleh e-modul yang dikembangkan valid dengan rata-rata skor 4,07, praktis 4,03 dengan rata – rata skor dan efektif dalam meningkatkan literasi matematika dengan rata – rata skor 0,54. 
Institution Info

Universitas Pendidikan Ganesha