Institusion
Universitas Pendidikan Ganesha
Author
Natha, I Gusti Bagus Ryan Hendra
Subject
LB Theory and practice of education
Datestamp
2022-02-24 01:24:47
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perbedaan hasil prestasi antara siswa yang menggunakan model pembelajaran ATI dengansiswa yang tidak menggunakan model ATIpada mata pelajaran Animasi 2D kelas XI Mmdan untuk mendeskripsikan respon siswa kelas XIMM SMK PGRI 3 Badung setelah menggunakan model pembelajaranATI. Jenis penelitian ini adalah eksperimen. Populasi penelitian ini melibatkan semua siswa kelas XI MMSMK PGRI 3 Badung Tahun Ajaran 2020/2021.Data-data dari penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara dan tes. Sampel yang digunakan yaitu kelas XI MM 1 sebagai kelas eksperimen dan XI MM 2 sebagai kelas kontrol, dengan jumlah keseluruhan 40 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan metode tes objektif untuk mengukur ranah kognitif kemudian dianalisis dengan meliputi uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis dan metode kuesioner untuk melihat respon siswa. Manfaat penelitian ini dapat meningkatkan prestasi siswa terhadap mata pelajaran animasi 2D. Hasil belajar kelas eksperimen lebih baik, dilihat dari hasil belajar kelompok eksperimen terdapat perbandingan nilai yang signifikan dengan hasil belajar siswa kelas kontrol. Dengan demikian, rata-rata post test hasilpada kelompok eksperimen lebih besar dibandingkan kelompok kontrol. Hasil dari analisis respon siswaterhadap pembelajaran menggunakan model pembelajaran (ATI)Dalam Suasana Flipped Classroombernilai positif untuk proses pembelajaran.