Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kognitif belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Jepang di kelas XI SMK Kesehatan Vidya Usadha dengan menggunakan media pembelajaran Hot Potatoes. Hot Potatoes merupakan software yang terdiri dari 6 macam fasilitas yang bisa digunakan guru untuk membuat latihan-latihan berbasis interaktif. Hot Potatoes sering juga disebut sebagai alat pembuatan bank soal karena aplikasi ini juga digunakan sebagai media pembelajaran untuk pembuatan soal. Jenis penelitian ini merupakan quasi experiment menggunakan desain nonequivalent control group design. Subjek pada penelitian ini merupakan 58 siswa kelas XI di SMK Kesehatan Vidya Usadha. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode tes. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik random sampling. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pembelajaran bahasa Jepang menggunakan media Hot Potatoes meningkatkan kognitif belajar siswa kelas XI SMK Kesehatan Vidya Usadha. Hal ini dibuktikan dengan hasil perhitungan data gain skor ternormalisasi kompetensi bahasa Jepang menunjukan skor rata-rata kelompok kelas eksperimen lebih dari skor rata-rata kelompok kelas kontrol sehingga hipotesis nol (H0) ditolak.