Abstract :
Abstrak — Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pembaharuan pengembangan media yang sudah ada sebelumnya pada penelitian terkait agar sesuai dengan kurikulum K-13 dan contoh pengajaran yang disampaikan sesuai dengan Prodi PTI UNDIKSHA. (2) untuk mendeskripsikan rancang bangun, mengetahui kualitas hasil video serta mengetahui respon dosen pengampu dan mahasiswa dari adanya media video pembelajaran ini. Jenis penelitian ini adalah Penelitian dan Pengembangan dengan menggunakan metode ADDIE (Analze, Design, Development, Implementation dan Evaluation). Pengambilan data dilakukan dengan teknik wawancara dan menyebar Angket. Pada saat pengembangan akan dilakukan beberapa uji yaitu uji ahli isi, uji ahli media dan desain pembelajaran, pada pasca produksi memperoleh presentase rerata 1,00%. Setelah melewati tahap uji ahli, media akan di uji coba pada tahap implementasi uji yang dilakukan yaitu: uji perorangan, kelompok kecil dan lapangan. Presentase pada Uji coba perorangan adalah 85% kualifikasi “Baik†sedangkan presentase pada uji coba kelompok kecil dan lapangan memperoleh hasil yang sama 90% kualifikasi “Sangat Baikâ€. Pada evaluasi dilakukan uji respon terhadap dosen persentase 80% dan mahasiswa persentase 78%
Kata Kunci : Video Keterampilan Dasar Mengajar, Pengajaran Mikro, Penelitan & pengembangan, Metode ADDIE