DETAIL DOCUMENT
Pengaruh Adaptive E-Learning terhadap Prestasi Belajar dan Pemahaman Konsep dalam Pembelajaran Komputer dan Jaringan Dasar Siswa Kelas X di SMK
Total View This Week0
Institusion
Universitas Pendidikan Ganesha
Author
Kemenuh, Ida Ayu Ratnasari
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2022-02-24 01:32:55 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar dan pemahaman konsep siswa yang belajar dengan adaptive e-learning dan konvensional pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar siswa kelas X di SMK. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri 1 Denpasar semester genap tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 216 orang. Sampel pada penelitian ini menggunakan teknik random assignment dengan jumlah siswa 108 orang. Penelitian ini dirancang dalam bentuk penelitian quasi experimental dengan desain penelitian pretest-posttest non-equivalent control group design. Instrumen dalam penelitian yang digunakan berupa tes prestasi belajar dan pemahaman konsep dengan multiple choice extended respons. Data dianalisis menggunakan Multivariate Analysis of Covariate (Mancova) dengan pengujian hipotesis menggunakan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan yang signifikan prestasi belajar dan pemahaman konsep siswa yang belajar dengan adaptive e-learning dan konvensional, (2) terdapat perbedaan yang signifikan prestasi belajar siswa yang belajar dengan adaptive e-learning dan konvensional, (3) terdapat perbedaan yang signifikan pemahaman konsep siswa yang belajar dengan adaptive e-learning dan konvensional. Berdasarkan temuan tersebut dapat disimpulkan, bahwa adaptive e-learning dapat meningkatkan prestasi belajar dan pemahaman konsep siswa. 
Institution Info

Universitas Pendidikan Ganesha