Abstract :
Penelitian ini dilatarbelakangi karena kurangnya guru dalam memanfaatkan teknologi untuk membuat media pembelajaran berupa video pada mata pelajaran matematika kelas III SD. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengembangkan media pembelajaran video animasi berbasis powtoon pada materi pengukuran kelas III SDN 1 Seraya Timur. (2) untuk mengukur keefektifan media pembelajaran video animasi berbasis powtoon pada materi pengukuran kelas III SDN 1 Seraya Timur. Penelitian ini menggunakan model penelitian pengembangan. Desain pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE. Tahapan-tahapannya yaitu: (1) analyze, (2) desain, (3) development, (4) implementation, (5) evaluation). Subjek penelitian ini adalah media pembelajaran video animasi berbasis powtoon pada materi pengukuran panjang kelas III sekolah dasar yang berdurasi 7.02. Metode mengumpulkan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan kuisioner. Instrumen penelitiannya adalah berupa lembar validasi ahli media, ahli materi, responden guru dan responden siswa. Lembar validasi ahli menggunakan ratting scale dengan skala 5. Hasil analisis uji validitas isi dengan rumus Gregory diperoleh hasil 1.00 dengan kualifikasi vaiditas sangat tinggi. Sedangkan hasil analisis data validitas ahli materi diperoleh 4,42. hasil validitas ahli media diperoleh 4,46. Hasil rata-rata skor dari praktisi guru diperoleh rata-rata skor validitas 4,5. Hasil rata-rata skor dari responden siswa diperoleh rata-rata skor validitas 4,5. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka video animasi berbasis powtoon pada materi pengukuran di kelas III sekolah dasar memiliki kualifikasi sangat baik dan yang dikembangkan layak digunakan.