Institusion
Universitas Pendidikan Ganesha
Author
Dewi, Ni Komang Asih Kurnia
Subject
LB1501 Primary Education
Datestamp
2022-02-24 03:07:33
Abstract :
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan pada media dan model pembelajaran yang kurang inovatif dan variatif selama proses pembelajaran daring berlangsung, sehingga berdampak pada kurangnya pemahaman siswa khususnya pada muatan pelajaran IPA. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media e-book berbasis discovery learning. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menerapkan model ADDIE. Subjek dalam penelitian ini adalah ahli isi muatan pelajaran, ahli desain instruksional, ahli media pembelajaran, dan 12 siswa kelas V SD. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode kuesioner dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis data, validasi media berdasarkan penilaian ahli isi muatan pelajaran, ahli desain instruksional, ahli media pembelajaran, uji perorangan, dan uji kelompok kecil memperoleh skor secara berturut-turut sebesar 95,00%, 93,75%, 87,50%, 83,33%, 90,50% dengan kualifikasi sangat baik. Berdasarkan analisis data dari hasil validasi produk, dapat disimpulkan bahwa media e-book berbasis discovery learning materi organ gerak manusia ini layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran di kelas V Sekolah Dasar.