Abstract :
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui rancang bangun pengembangan video pembelajaran matematika berbasis etnomatematika pada muatan materi pengenalan datar siswa kelas I SD Negeri 17 Pemecutan Denpasar dan mengetahui kelayakan video pembelajaran matematika berbasis berbasis etnomatematika pada muatan materi pengenalan datar siswa kelas I SD Negeri 17 Pemecutan. Subjek uji coba penelitian ini adalah ahli materi pembelajaran, ahli desain pembelajaran, ahli media pembelajaran dan 32 siswa kelas I SD Negeri 17 Pemecutan. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE (analyze, design, development, implementation, evaluation) karena langkah-langkahnya disusun secara terstruktur dengan langkah-langkah kegiatan yang sistematis. Metode pengumpulan data menggunakan metode kuesioner, dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian pengembangan ini adalah produk video pembelajaran, meliputi hasil: (a) rancang bangun pengembangan video pembelajaran matematika berbasis etnomatematika yaitu tahapan analisis, desain, pengembangan, dan evaluasi; (b) hasil uji coba produk meliputi: (1) hasil penilaian ahli materi pembelajaran memperoleh persentase sebesar 95,83%, dengan kualifikasi sangat baik; (2) hasil penilaian ahli desain pembelajaran memperoleh persentase sebesar 100% dengan kualifikasi sangat baik; (3) hasil penilaian ahli media pembelajaran memperoleh persentase sebesar 98,33%, dengan kualifikasi sangat baik; dan (4) hasil penilaian siswa melalui uji coba perorangan memperoleh persentase skor 90,90%, dengan kualifikasi sangat baik. (5) hasil penilaian siswa melalui uji coba kelompok kecil memperoleh persentase sebesar 92,16% dengan kualifikasi sangat baik. (6) hasil penilaian siswa melalui uji coba kelompok besar memperoleh persentase sebesarr 90,81%, dengan kualifikasi sangat baik sehingga dapat disimpulkan bahwa media video pembelajaran matematika berbasis etnomatematika pada muatan materi pengenalan bangun datar layak digunakan pada proses pembelajaran.