Institusion
Universitas Pendidikan Ganesha
Author
Puspitasari, Ni Putu Desra
Subject
LB Theory and practice of education
Datestamp
2022-02-24 05:34:23
Abstract :
Penelitian ini dilaksanakan karena kurang bervariasinya pemilihan model dan media pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran IPA yang menyebabkan siswa kesulitan dalan memahami materi pembelajaran. Hal tersebut mengakibatkan rendahnya hasil belajar IPA siswa. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia interaktif berbasis model discovery learning pada muatan IPA kelas IV SD. Penelitian pengembangan ini menerapkan model pengembangan ADDIE yang meliputi tahap analysis, design, development, implementation, evaluations. Subjek uji coba produk pada penelitian pengembangan ini yaitu terdiri dari ahli isi pembelajaran, ahli media pembelajaran, ahli desain pembelajaran serta siswa kelas IV di SD 3 Jimbaran. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode angket/kuesioner dengan instrument berupa lembar kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil dari penelitian pengembangan ini yaitu, (1) rancang bangun multimedia interaktif berbasis model discovery learning ini outputnya berupa aplikasi yang didalamnya berisi tentang unsur-unsur multimedia interaktif seperti teks, gambar, suara, video, animasi, dan navigasi. (2) Hasil kelayakan multimedia interaktif berbasis model discovery learning menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan layak untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran berdasarkan (a) hasil review ahli isi pembelajaran (100%), (b) hasil review ahli desain pembelajaran (94,40%), (c) hasil review ahli media pembelajaran (95,80%), (d) hasil uji coba perorangan (92,50%), dan hasil uji coba kelompok kecil (94,16%). Keseluruhan hasil kelayakan multimedia interaktif tersebut berkualifikasi sangat baik dan menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan layak untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran.