Institusion
Universitas Pendidikan Ganesha
Author
Sari, Ni Putu Ashya Paramitha
Subject
HA Statistics
Datestamp
2022-02-24 07:04:19
Abstract :
Kurangnya pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran IPS karena
media ajar yang tersedia sangat terbatas. Didalam pembelajaran jarak jauh seperti
ini sangat diperlukannya media ajar yang interaktif dan dapat meningkatkan
pembelajaran yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media ajar
interaktif berbasis STEAM pada pelajaran IPS siswa kelas V SD. Penelitian ini
menggunakan model ADDIE. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang ahli isi
mata pelajaran, 1 orang ahli desain dan media pembelajaran dan siswa kelas V
yang berjumlah 25 orang. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes
yaitu tes objektif dan non tes yaitu angket kuisioner. Hasil penelitian didapatkan
dari hasil uji ahli isi mata pelajaran yaitu 89.58%, uji desain pembelajaran
96.42%, uji ahli media pembelajaran 93.75%. uji perorangan 92.5%, uji kelompok
kecil 91.66%, dan uji lapangan 86.1%. Dari hasil penelitian, media ajar berbasis
STEAM baik digunakan dalam pembelajaran IPS siswa kelas V SD. Penelitian ini
menghasilkan media ajar interaktif berbasis STEAM untuk dapat meningkatkan
pembelajaran yang baik.