Institusion
Universitas Pendidikan Ganesha
Author
Sani, I Gusti Ayu Sri Diah
Subject
L Education (General)
Datestamp
2020-02-21 06:02:41
Abstract :
Tujuan umum yang dilakukan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menghubungkan kebiasaan membaca siswa, motivasi membaca dengan kompetensi membaca mereka di SMP di SMPN 1 Sidemen. Rancangan yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Ada 55 siswa yang direkrut menggunakan cluster quota sampling. Data dikumpulkan dengan kuesioner kebiasaan membaca, kuesioner motivasi membaca, dan tes kompetensi membaca objektif. Data yang diperoleh dianalisis dalam dua fase: secara deskriptif dan inferensial. Deskripsi terdiri dari ukuran kecenderungan sentral dan dispersi. Sedangkan secara inferensial, data dianalisis dengan menggunakan teknik Korelasi Berganda. Temuan penelitian mengungkapkan dua temuan utama. Pertama, kebiasaan membaca siswa dikategorikan sedang di SMPN 1 Sidemen. Mereka kurang dalam menjadikan membaca sebagai identitas diri atau sebagai bagian dari budaya mereka sehari-hari. Kedua, motivasi membaca siswa juga dianggap sedang. Mereka tidak memiliki rasa ingin tahu dalam kegiatan membaca, karena mereka pikir membaca tidak memberi mereka kesenangan yang dialami. Selain itu, membaca tidak memberi mereka tantangan nyata untuk mendapatkan kepuasan dalam menguraikan teks bahasa Inggris. Ketiga, kebiasaan membaca dan motivasi membaca ditemukan berhubungan signifikan dengan korelasi kuat dengan kompetensi membaca siswa di SMP di Kecamatan Sidemen, Karangasem. Temuan penelitian ini menyiratkan kepada siswa, guru, serta sekolah untuk memelihara otomatisitas membaca, frekuensi membaca, dan identitas diri melalui kegiatan literasi.