DETAIL DOCUMENT
THE EFFECTS OF PATTERN TECHNIQUE ON THE STUDENTS’ WRITING COMPETENCY VIEWED FROM TEXT TYPES AT SMP WIDYA SAKTI DENPASAR
Total View This Week0
Institusion
Universitas Pendidikan Ganesha
Author
WIRAYUDA, I GUSTI AGUNG
Subject
LB Theory and practice of education 
Datestamp
2022-03-07 01:03:30 
Abstract :
Wirayuda, I Gusti Agung (2017) Pengaruh Teknik Pola Terhadap Kompetensi Menulis Siswa Dilihat Dari Jenis Teks pada Siswa Kelas VII SMP Widya Sakti Denpasar. Tesis, Pendidikan Bahasa Inggris, Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha. Tesis ini telah diawasi dan disetujui oleh Pembimbing I: Prof. Dr. Prof. Dr. Dewa Komang Tantra, Dip, App, Ling, M.Sc, Ph.D dan pembimbing II: Prof. Dr. Ni Made Ratminingsih, M.A Istilah Kunci: Teknik Pola, Kompetensi Menulis, Deskriptif dan Narasi Teks. Tujuan penelitian saat ini adalah untuk menganalisis pengaruh Teknik Pola pada kompetensi menulis siswa kelas tujuh di seluruh jenis teks di SMP. Penelitian ini menggunakan Two-Control-Group Experimental Design dengan pengaturan faktorial 2 x 2. Populasi penelitian termasuk semua siswa kelas tujuh di Sekolah Menengah Pertama Widya Sakti Denpasar. Dua kelas sampel dipilih secara acak dan secara acak ditugaskan ke kelompok eksperimen dan kontrol. Data tentang kompetensi menulis siswa dikumpulkan dengan cara menulis penilaian kinerja sebagai satu-satunya instrumen. Data dianalisis terlebih dahulu secara deskriptif menggunakan ukuran kecenderungan dan dispersi pusat. Analisis lebih lanjut dilakukan secara inferensial menggunakan One-Way ANOVA. Temuan penelitian menunjukkan bahwa Teknik Pola berpengaruh signifikan terhadap kompetensi menulis deskriptif dan narasi siswa kelas tujuh (Fratio = 41,228; Fcv = 0,01). Teknik Pola berpengaruh berbeda pada kompetensi menulis siswa ketika mereka menulis teks deskriptif dan naratif. Temuan penelitian menyiratkan perlunya menyediakan proses pembelajaran EFL dengan alat yang efektif, sehingga siswa memiliki perancah atau pola dalam menggambarkan dan menceritakan orang, hewan, benda, pengalaman, kecelakaan, atau insiden dll. Ini juga tersirat pada EFL guru untuk meminimalkan dominasi dalam proses pembelajaran dan menggunakan kreativitas dan keterlibatan siswa. 
Institution Info

Universitas Pendidikan Ganesha