Institusion
Universitas Pendidikan Ganesha
Author
Kurniawan, I Ketut Septiyan
Subject
HA Statistics
Datestamp
2022-07-22 01:27:15
Abstract :
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan rancang bangun E-Modul Agama Hindu (2) mendeskripsikan kualitas hasil validitas pengembangan E-Modul Agama Hindu menurut para ahli dan uji coba produk. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan dan model pengembangan 4-D. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dan kualitatif. Pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, pencatatan dokumen, dan kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian (1) Rancang bangun E-Modul Agama Hindu dengan model 4-D meliputi empat tahapan: (a) tahap define, (b) tahap design, (c) tahap develop, dan (d) tahap desseminate. (2) E-Modul Agama Hindu valid dengan: (a) hasil review ahli isi mata pelajaran menunjukkan E-Modul Agama Hindu berpredikat sangat baik (100%), (b) hasil review ahli media pembelajaran E-Modul menunjukkan produk berpredikat baik (87%), (c) hasil review ahli desain pembelajaran menunjukkan E-Modul Agama Hindu berpredikat cukup (68%), (d) hasil uji perorangan menunjukkan E-Modul berpredikat sangat baik (92,3%), hasil uji kelompok kecil menunjukkan E-Modul berpredikat sangat baik (93,58%). Ini berarti bahwa E-Modul dalam mata pelajaran Agama Hindu terbukti memiliki kualitas yang baik dalam pembelajaran Agama Hindu.