Institusion
Universitas Pendidikan Ganesha
Author
Widiastuti, Ni Wayan Uning
Subject
LB1501 Primary Education
Datestamp
2022-04-20 01:11:04
Abstract :
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang optimalnya inovasi media pembelajaran yang digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran pada muatan IPA yang menyebabkan siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi pembelajaran. Guru hanya memberikan penjelasan materi yang ada pada buku tanpa didukung dengan penggunaan media pembelajaran yang relevan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media video pembelajaran berbasis demonstrasi pada muatan IPA kelas IV sekolah dasar. Penelitian yang dilaksanakan merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (analyze, design, development, implementation, evaluation) sebagai pedoman dalam pengembangan produk. Subjek uji coba produk pada penelitian pengembangan ini diantaranya yaitu ahli isi pembelajaran, ahli desain pembelajaran, ahli media pembelajaran dan 12 orang siswa kelas IV SD. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode angket/kuesioner dengan menggunakan instrumen pengumpulan data berupa lembar angket/kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian pengembangan ini yaitu rancang bangun media video pembelajaran IPA berbasis demonstrasi dengan mengacu pada model ADDIE. Hasil validasi oleh ahli isi pembelajaran memperoleh persentase skor 93,75% dengan kualifikasi sangat baik. Hasil validasi oleh ahli desain pembelajaran memperoleh persentase skor 95% dengan kualifikasi sangat baik. Hasil validasi oleh ahli media pembelajaran memperoleh persentase skor 83% dengan kualifikasi baik. Hasil uji coba perorangan memperoleh persentase skor 98,48% dengan kualifikasi sangat baik dan hasil uji coba kelompok kecil memperoleh persentase skor 97,97% dengan kualifikasi sangat baik. Dari hasil penilaian para ahli, uji coba perorangan dan uji coba kelompok kecil dapat disimpulkan bahwa media video pembelajaran IPA berbasis demonstrasi pada materi gaya layak untuk digunakan pada proses pembelajaran.